Subscribe Here

Social Share

Selasa, 15 September 2015

Kereta Gantung, Solusi Perbaikan Moda Trasportasi

Share & Comment
Salah satu infrastruktur paling vital dalam sebuah kota adalah Transportasi. Sebuah kota dapat dikategorikan maju atau berkembang bisa dilihat dari infrastruktur satu ini. Semakin tertata dan tertib Transportasi maka juga berbanding lurus dengan tingkat kemajuan Kota tersebut. Menurut KoranSindo pada tanggal 31 Desember 2014, salah satu Transportasi Massal terbaik di Dunia adalah Kota Tokyo di Jepang. Moda transportasi bawah tanah Jepang ini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan di dunia, dengan rata-rata penumpang sebanyak 6 juta orang per hari. Seluruh jaringan transportasi Tokyo juga melayani rute sepanjang 27.270 kilometer dari monorel hingga kereta bawah tanah terpanjang. 
Shinkansen, Salah satu Kereta cepat bawah tanah di  Tokyo

 Kota Batu saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara setiap akhir pekan atau musim liburan. Hal ini menyebabkan lalu lintas Kota Batu selalu padat dan macet di titik-titik strategis. Berbagai solusi mengatasi kemacetan Kota Batu telah dilakukan oleh Pemerintah, salah satunya dengan membuat satu jalur pada titik-titik strategis. Namun hal ini masih belum banyak mengatasi masalah kemacetan. Perlu gagasan terbaru agar lalu lintas dan moda transportasi berjalan dengan lancar.

Salah satu potret kemacetan di Kota Batu

 Salah satu solusi yang dapat diterapkan di Kota Batu adalah perbaikan moda transportasi. Perbaikan moda transportasi ini selain harus melihat infrastruktur pendukung juga harus memperhatikan letak geografis dan dukungan dari masyarakat. Salah satu perbaikan moda transportasi yang tepat di Kota Batu saat ini adalah dengan pembangunan transportasi kereta gantung. Kereta gantung menurut wikipedia adalah sebuah kereta yang menggantung yang berjalan menggunakan kabel. Jalur kereta gantung umumnya berupa garis lurus dan hanya dapat berbelok pada sudut yang kecil di stasiun antara. Awalnya kereta gantung digunakan pada tempat-tempat wisata misalnya di daerah bersalju, daerah pegunungan seperti pegunungan Alpen, atau taman hiburan, namun kini telah juga digunakan untuk transportasi umum di daerah perkotaan seperti misalnya di kota Medellin, Colombia. Salah satu kota di Eropa yang sukses dalam penerapan transportasi kereta gantung adalah kereta gantung Adliswil di Swish. Kota yang memiliki kontur geografis yang mirip dengan Kota Batu ini sukses membangun moda transportasi jarak pendek sebagai solusi mengatasi permasalah kemacetan. Semoga Kota Batu dapat menerapkan moda transportasi ini sebagai salah satu solusi memperbaiki permasalahan transportasi saat ini. 

Kontur Geografis di Adliswil mirip dengan di Kota Batu

Kereta Gantung untuk rute jarak pendek



Tags: , , , , ,

Di Tulis Oleh

BSC adalah sebuah gagasan dari Kami untuk Kota Batu menjadi Kota yang tidak hanya memperhatikan pembangunan Kota tapi juga dapat memperhatikan kepedulian terhadap Lingkungan sekitar. Mari berkontribusi untuk mewujudkan "Shining Batu" yang sesungguhnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Yuk Ikut Mengagas Kota Batu Lebih Baik

Nama

Email *

Pesan *

AYO JADI PELOPOR BATU SMART CITY!

Copyright © BSC | Designed by SMK BRAWIJAYA KOTA BATU